AGD 118 JAKARTA , Apa Kabar ??

AGD 118 Jakarta, sebuah instansi pelayanan kegawatdaruratan yang dimotori oleh paramedik dengan latar belakang pendidikan perawat (SPK & AKPER) dengan dukungan penuh dari IKABI IDI. Berdasarkan pengalaman saya bekerja di instansi ini sebagai crew dan pilot (istilah untuk paramedik yunior dan senio dalam satu unid ambulan), Sebelum seorang perawat menjadi paramedik di instansi ini, diwajibkan telah mengikuti training selama satu minggu dalam hal penanggulangan penderita gawat darurat. Sistem pelatihannya cukup baik, dengan porsi latihan skill yang lebih banyak, dan didukung dengan peralatan yang lengkap. Materi dan metode yang dipakai sangat baik, jika kita lihat latar belakang para trainner yang rata-rata lulusan SPK, tanpa adanya pelatihan TOT, atau akta untuk dunia pendidikan. Hal ini terjadi mungkin berdasarkan pengalaman, melihat dan menjadi asisten dalam pada pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh IKABI (Ikatan Ahli Bedah Indonesia), kemudian di coba dilakukan pada pelatihan-pelatihan PPGD untuk para perawat.
Situasi kerja sebagai paramedik menuntut kita untuk berTindak cepat dan tepat, dan mandiri. Tidak ada team lain yang menolong pada saat dibutuhkan penanganan kegawatdaruratan. Hal ini tidak menjadi masalah jika paramedik selalu dalam komdisi yang siap, baik segi knowledge, attitude, dan skills. Ketiga faktor ini harus selalu di asah sehingga dalam kondisi yang selalu siap.

Beberapa catatan pengalaman selama kurun waktu 1996 – 1999 :
-Yang serius :Situasi kerja yang menuntut paramedik mandiri tidak tergantung pada profesi lain, Terdapat standar protap yang jelas, Keterlibatan dalam membantu penyelenggaraan Pelatihan ATLS, ACLS, secara tidak langsung berperan dalam peningkatan pengetahuan/saya sendiri jarang ikut tuh.

-Yang Santai : nonton bola, konser musik gratis/ sambil jaga he..he.., suka juga keluyuran malam-malam di jakarta / kagak macet & sedikit tahu ttg kehidupan malam jakarta .. (Nah ini yang bahaya he..he..), punya saingan taxi, bajaj dll.

Yang Mumet : Ban bocor (jadi bengkel deh), AC kagak dingin (panas badan, sama hati diomelin keluarga pasien orang kaya, kalo kita lagi ngepos di Rumah Sakit Swasta), Bawa pasien kondisi gak stabi terus kena macet, uh !!, apalagi kalo ditamvah ban bocor, makin ngedumel deh

Lain dulu lain sekarang . Sekarang AGD 118 Jakarta berdasarkan cerita om google dan anak2nya, kabar terakhir dari anaknya yang bernama kompas kom cetak, kondisinya sungguhnbsangat menghawatirkan. Kondisi ini terjadi setelah adanya konflik internal sekitar tahun 2006 yang menyebabkan terpecahnya AGD 118 JAKARTA menjadi Yayasan AGD 118 yang hanya menjalankan pelatihan kegawatdaruratan dan Pelayanan Ambulan dibawah bendera dkk jakarta.

gamabar dicomot dari berita terakhir 118 dari kompas cetak

32 respons untuk ‘AGD 118 JAKARTA , Apa Kabar ??

  1. jd gmn skrg kbr agd 118 jakarta mas ?

    #Masih jalan pak, dan memang harus terus jalan. Sekarang merupakan unit di bawah dinkes kota jakarta.
    Btw, ini pak mardi senior di bela satu gitu?

  2. mohon jangan ada lagi perpecahan di tubuh organisasi tersebut. ratusan / ribuan nyawa akan melayang kalo tidak bisa terpecahkan.
    ada usul gimana kalo membentuk paguyuban atau persatuan pengemudi ambulance se indonesia.

  3. sayang sekali ya, AGD sekarang amburadul. smoga suatu saat seperti dahulu lagi susah senang jalanin bareng-bareng.kasian masyarakat yang butuh ambulans ga ada lagi kaya 118 yang dulu.bagaimana kalau qta gabung lagi? setuju?…………..setujuuuuuu!!!!!!!!!!

  4. Salam 118.
    sy salah 1 alumnus AGD 118 thn 2006.
    saat pelatihan BTBCLS sy mengusulkan spy pelatihan BTBCLS ini dilakukan jg di prosinsi2 di seluruh Indonesia.Sangat byk lo kwn2 sejawat kita yg mengingin pelatihan ini,tp sayang mereka ada yg keterbatasan dana shg tdk dpt mengikutinya ke JKT.
    “SARAN” —> Layangkan surat ke tiap2 dinas profinsi untuk menjadi sponsor pelatihan BTBCLS di daerah setiap tahunnya.Karena tuntutan global perawat sekarang mininmal disertifikasi dgn pelatihan BTBCLS baik perawat yg bertugas di RS ataupun di PKM.
    Thank.
    Setiap ada kekompakan pasti akan muncul keretakan,santai saja BANG itu hanya masalah KECIL.

  5. sudahlah para “petinggi” disana, jangan gabungkan pelayanan kegawat daruratan dengan politik… jadnya ya kisruh… stay the way you are… btw, kbr para paramedik 118?? saya juga bangga lho dulu pake baju dines 118, mbantu orang yg membutuhkan bantuan medis scr cepat.

  6. 118 Nasib mu kini…..
    Pertama kali naik pesawat karena kamu
    Pertama kali ke Jawa timur juga karena kamu
    Pertama dan terakhir kalinya aku kerja di Kesehatan
    Saking Cintanya sama kamu

    tapi sekarang apa yang bisa ku ceritakan ke Temen2
    Ada suatu kebanggaa waktu aku bercerita pada orang lain tentang mu
    Aktualisasi diriku tinggi karna mu …..
    sekarang sedih rasanya namamu hanya tinggal KENANGAN

  7. 118 jakarta masih adakah kamu disana,adakah kontak alumni via facebookers,bikin reunian enak kali ya,untuk teman sejawat paramedik ….selamat bekerja sj,yg baik baik n penuh dengan tangungjawab profesi,but….kl ingat persija lg main dikandang jd pengin ke jakarta dan bergabung dengan teman teman dipinggir lapangan.salam dari cireboon

  8. manajemen amburadul ya akibatnya seperti ini. kalau terlalu kental kepentingan pribadi, mana mungkin ambulans 118 bisa maju? pemerintah harusnya sadar pentingnya ambulans dan paramedik terampil untuk penanganan gawat darurat

  9. agd 118, new experince for me, thank’s for everything…and kru agd 118 yang lagi btcls di rs.sultan agung semarang pak irawan B pak wahyu pak pandu dan pak suhartomo, nice to know u!!i hope we can meet again in another time..dan semoga besok saya dapat lulus ujian btcls nya!!!

  10. salam kompak AGD 118,,,thank’z dah ada pelatihan dkota kami padang sumatra brat,,,,semoga bermanfaat ilmu yg telah dberikan pada kesempatan pelatihan BT-CLS d padang tgl 9 sd 13 kmren….

  11. Agd 118 paling oke dah. usahain biar lebih banyak pelatihannya ya,,,, truz AGD 118 jgan cma da kota2 besar, tapi di daerah2 jga ada. maju terus AGD 118.

  12. KEMARIN BARUSAN MEREKA NGASIH TRAINING DI KOTA KITE, PONTIANAK, MEREKA MEMANG TEAM YANG SOLID, MENGUASAI BIDANGNYA, SAYA IKUT TUH TRAININGNYA, ± 6 HARI, MEMANG MATERINYA PADAT, TAPI SANGAT BERMUTU, JADI KEPINGIIN JADI SALAH SATU DARI MEREKA.

  13. Aq bru tau kondisi sbnrny AGD 118,diblik snyum& usha tnpa ptah semangat,kalian trnyt mnyimpan knytaan menydhkan. Mungkin org2 didunia ini trlalu mnyepelekn kalian,tp prcylah allah tdk prnh tdr. Bwt ms syukri, mbk lina,mbk putri& mbk risma. Mkch bwt ilmu yg udh dibagikan ke qt.
    yoana kudus

  14. AGD 118, senang rasanya bila bisa menjadi crew AGD 118……. namun AGD 118 ditempat kami hanya namanya saja dan ambulancenya saja, tapi nihil aksinya dalam penanganan kegawat daruratan. salam sukses untuk AGD 118, saya bangga pernah mendapat pelatihan dari 118.

  15. Sejauh ini saya puas dengan tindakan dan kecepatan para supir2 ambulance AGD 118. Selama ini saya sering pakai untuk evakuasi ke Singapore, Malaysia, etc.. So far keluarga belum ada yang complaint, walaupun ambulance di jakarta udah semakin byk model dan tipe mobilnya. Salut buat kalian… espromedical mengucapkan byk2 Terima kasih 🙂

  16. Urgently required for Kuwait placement :

    1. EMERGENCY TECHNICIAN – KD. 250 – 280
    2. EMERGENCY NURSE – KD. 400 – 450
    Note : KWD 1 equals IDR 31.000.

    Below are the conditions requested for candidates to be eligible.
    A. GENERAL CONDITIONS,
    1. Gender must be Male.
    2. Age between 26 years till 36 years.
    3. Must be healthy.
    4. Must know English & Arabic speaking and writing.

    B. QUALIFICATION AND EXPERIENCE.

    1. Bachelors Degree for Emergency Medicine or Bachelors of Nursing and duration of study must be 4 years after High School.
    2. Experience not less than 4 years in emergency department.
    3. Must have valid driving license from his origin. With experience in driving Ambulance car.

    C. JOB REQUIREMENT.
    1. Responsible to perform his duties within the guidelines of Emergency department.
    2. Must have knowledge of performing cardiac first aid in case of Emergency.
    3. Must know how to give oxygen in case of emergency.
    4. Must know the process of suction from mouth or nose through Tracheotomy tube.
    5. Understand the procedure for stopping bleeding and applying the dressings.
    6. Should know how to give medicine prescribed by the doctor.
    7. Able to distinguish Abnormal ECG.
    8. Know how to use the diffeblirator machine.
    9. Know how to fix the tracheotomy tube.
    10. To make Splints for fracture.
    11. To know how to transfer emergency patients from house to hospital in Ambulance.
    12. Must have knowledge to identify patients condition if death.

    CONTRACT PERIOD – 3 YEARS.
    Submit your CV to cv@bidartimur.co.id

    PT. Bidar Timur
    Jl. Budi No 20 Cawang Dewi Sartika Jakarta Indonesia 13630
    Tel. 62218001987 Fax. 62218014020
    Facebook: bidartimur@ymail.com
    info@bidartimur.co.id
    http://www.bidartimur.co.id

  17. aktifkan SPGDT klo da lowongan pekerjaan d AGD 118…???2011
    dari pekalongan
    hub. nmer nie klo da lowongan 085876544222,085642566244

  18. sadar atau gak disadari kita tetap dibesarkan 118…meski udah pecah asal mereka masih bwa emergency..demi SPGDT….tapi sayang juga sdm bela udah di bina di didik eh..malah di sia siakan…akhirmya…..

  19. mudah2an pengurus sekarang pada sadar..dan fropesional…jangan gede diluar kropos di dalam…apalagi masih ada budaya lapan anem…habiss dahh

  20. ambulance ingat waktu kita di Cibubur makan enak ngga enak sama2, ingat kita waktu dikolong jembatan, ingat kita waktu di RS jakarta nungguin sayur asemnya butet penjaga kantin RS suka duka medical security VVIP bila ada presiden atawa Perdana mentri dateng yach 118 ku tercinta, sekarang sukses karena mu

  21. Angkatan Dedi, Furqon, Zaenal di Jasa marga, Ikhwan di RS mitra kemayoran, Pagit di Eka Hospital, Ari di Internasional bintaro, Prasetyo dimana ya…..Wulan dah jadi dokter neh…, pada kemana ya…

  22. Ya bginilah kl tdk profesional dan tdk prnh mau mnerima nasehat dr orla, sy akui slma brgbng dg agd 118 smpt ada suatu kebanggaan trsendiri, hidup semati dg rekan2 yg lain dan dg keterbtsan fsilts yg d dpt slma bkrja tntu semua ini dpt d ambil hikmah nya, srta tdk kalah menariknya tiba2 di campakan bgtu aja… Nama nya orang bwh ya udh gk bs brbuat apa2… Nasib2… Ttp semangat coy cz hdp adlh perjuangan!!

  23. Unquestionably imagine that which you said. Your favourite reason appeared to be on the net the simplest factor to
    be mindful of. I say to you, I definitely get annoyed even as folks think
    about concerns that they just don’t realize about. You controlled to hit the nail upon the highest and outlined out the entire thing with no need side-effects , other people can take a signal. Will probably be back to get more. Thank you

Tinggalkan komentar