Saran Untuk Para Pengembang Linux

Sebagai orang yang hanya bisa memakai sistem operasi linux, dengan motivasi terbebas dari ketergantungan dari sistem operasi windows, gratis pastinya, Linux sangat menarik untuk di pakai. Beberapa distro linux yang pernah dicoba :
Slax 6, enak digunakan, tidak perlu install ke hardisk, fitur cukup lengkap, office, multimedia player;
Ubuntu, nah yang ini dapat nih gratis cd langsung dari belanda sana, juga dengan fitur open office yang kompatibel dengan ms office, tapi multimedia player tak langsung bisa putar semua jenis file, harus install paket repo dulu katanya, saya juga belum pernah coba install repositorynya.
Mandriva linux, dapat gratis dari majalah infolinux, proses installnya lebih lama dibanding ubuntu, fitur hampir sama dengan ubuntu, tapi bisa juga dijadikan server, tampilan grafis enak dilihat;
Karena lagi suka utak atik foto/video, pernah coba juga ubuntu studio yang lumayan lengkap dengan kdlivenya buat capture dan edit video, gimp untuk edit foto, tampilannya cool, enak dilihat;
Juga untuk hoby foto/video, sempat coba distro dyne bolic yang gak perlu install cukup jalankan dari CD, yang sebetulnya bagus, cuman downloadnya korup kayaknya atau gak tau, sering hang kalau dicoba.
Tapi ada yang masih mengganjal untuk beralih penuh ke linux yaitu masih bingung cara install software aplikasi dan driver hardware terutama printernya, maklum belajar tapi gak ngerti-ngerti, oon kali.
Akhirnya ya, masih dengan windows yang b*j*kan.
Sedikit saran untuk para pengembang linux, mbok ya dibikin standar tentang cara penginstallan yang sama di semua distro linux, jadi kita yang gak mudeng dengan bahasa pemrograman, jadi enak pakenya, gimana??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s