Syarat menjadi seorang Perawat

Ada yang mengganjal dari syarat untuk menjadi seorang perawat, terutama yang melalui pendidikan diploma tiga. Pusdiknakes melalui petunjuk teknis penerimaan mahasiswa baru, telah melakukan terobosan dengan tidak membatasi umur untuk bisa mengikuti jenjang pendidikan diploma tiga keperawatan, tetapi di sisi laian, masih tetap mempertahankan persyaratan tinggi badan minimal, 150 cm untuk perempuan, dan 155 cm untuk laki-laki.
Persyaratan tinggi badan ini saya ketahui semenjak ikut ujian masuk akper sekitar 16 tahun dahulu sampai sekarang. Mungkin itu berlaku dulu dengan pertimbangan agar perawat tidak direpotkan dengan ala-alat kesehatan yang biasanya masih mempunyai standar ukuran, seperti tempat tidur yang zaman baheula mengikuti aturan harus mempunyai tinggi sekian (saya juga lupa berapa patokannya).
Yang saya amati, koreksi bila saya salah, syarat ini hanya berlaku di jenjang diploma tiga, jenjang strata satu tidak saya temukan ada syarat seperti ini. Yang jadi pertanyaan besar saya adalah alasan mengapa syarat ini masih dipertahankan oleh pusdiknakes atau PPNI sebagai organisasi profesi. Apakah hanya masalah estetika ? Tidak enak dilihat seorang perawat yang pendek? Atau ?.
Saran saya, hilangkan syarat tersebut, karena sudah tidak zamannya lagi manusia yang menyesuaikan diri dengan alat kerjanya, tetapi sekarang zamannya Alat kerja yang menyesuaikan dengan manusia, ERGONOMI !

 

Update : berikut link dokumen yang biasanya dijadikan pegangan oleh institusi pendidikan tenaga kesehatan dalam pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru. KLIK DISINI

386 thoughts on “Syarat menjadi seorang Perawat

  1. nilai-nilai rapot juga berpengaruh masuk perawat??????

    #syaratnya cuma “Tinggi Badan”, tidak buta warna, dan lulus ujian masuk

  2. apakah ada peraturan jika ingin jd perawat tidak blh mnggunakan kacamata?


    #sejauh ini belum ada peraturan perawat tidak boleh berkaca mata

  3. klo dari jurusan ips bisa gak masuk ???????
    soalnya saya suka sekalie tantang kesehatan
    bisa gak?????


    #bisa, paket c juga bisa yang penting ada ijazah

  4. selain syarat trsebut apakah menjadi siswi perawat harus lah masih perawan ?
    jika tidak bermasalah tdk .. ?
    lalu tes virgin apakah suka di lakukan semua akper ..?

  5. apakah berat badan menjadi ketentuan jika masuk akper?

    #sejauh ini tidak ada ketentuan mengenai berat badan

  6. apa sih yang harus di utamakan dari seorang perawat… ? trus antara perawat dan bidan kerjanya lebih unggulan mana??

  7. tapi kemarin aku dapat brosur katanya yang jenjang d1 tinggi badanya min 147.. kalo D3 ada tapi tingginya 148..temenku tingginya segitu ya di trima.. tapi katanya juga harus ada sogokan..hehehe…

  8. Qw pengen bgt masuk AKPER….
    mslah tinggi badan kayaknya ud g mslh ( tinggi badanq 165 cm )
    tp qw tkt bgt ma tes msknya,,qw cri tahu di internet tesnya tu MTK,B.Indonesia,B.Inggris ma IPA Terpadu…..yg pling qw khawatirin tes MTK ma Ipa Terpadu……
    TOLONG DONK QW DIKASI TIPS BIAR BS SUKSES DI TES MTK MA IPA TERPADU….
    oeia…,,, satu lagi
    klu IPA Terpadu tu meliputi pa j…..?????
    BLZZZZZZ Yaghhhhhhhhh…………………….

    # gak usah khawatir, untuk akper swasta banyak yang masih kekurangan mahasiswa, karena sistem penerimaannya sesuai dengan quota. Tinggal cari aja akper swasta yang sekarang biasanya sudah kekurangan mahasiswa terutam yang di jakarta, bandung, semarang dan lombok. Banyak kok akper yang pro aktif mencari mahasiswa, bahkan ada juga yang akan memberikan fee ke yang bawa calon mahasiswa. Lokasinya tempat tinggalnya dimana mas/mbak zulma?

  9. Gmn klo nilai rap0rt krng gd,bisa masuk akfer g?
    Klo udh masuk akfer cara bljr’y gimana?
    Trz bisa kerja d rumah sakit’y setelah kul brp thn?

  10. hmm..iaa nii klo maw jd perawat hrus msih virgin ga ?
    klo ga gmna?
    apha ada tes keperawanan saat seleksi?
    tlonk dong di respon pertanyaannya.
    ditunggu jwbannya.
    makasi.

    * itu tergantung masih-masing institusi. Toh ada juga akper kelas khusus yang mhsnya berasal dari perawat yg sudah bekerja. Ini juga berhubungan dengan masalah etika, kalo di tempat kami, rutin dilakukan setiap tahun

  11. biasanya itu klo masa pnddkan brp thun?…
    n bsa lgsung kerja tidak?…
    saya ingin msk akper thn bsk jdi
    apa sja mata peljran yg akan di tez?….

  12. kapan tanggal ujian saringan masuk stikes, poltekes, dan akper di bandung 2010-2011 ? tapi yang negeri…
    terus poin2 apa saja yang diujikan..berapa biayanya?

  13. y saya juga setuju jika peraturan tentang tinggi badan di hilangkan aja dan yang mengenai tes kesehatan perlu di tambah pak dgan pemeriksaan laboratorium ,tq

  14. masuk akper di testing ga???trus low misalkan nilainya kurang gimana???low di testing apa aja yang harus di hapalkan????

  15. mikum
    w mo tanya kalau di batam syarat msk akper
    apa ada test virgin?????
    trus kalau yg udah gag virgin apa gag bisa masuk
    masa ia seh bagi yg dah gag virgin gag ada kesempata
    untuk jadi seorang perawat.
    tolong beri tau

  16. AKU PENGEN BANGET JADI AKPER TP TINGGI AKU KURANG DAN TDK MEMENUHI KRITERIA TRUS GIMANA DONNNKKK BPK MAS MBK APA AKPER ITU KERJNYA CMAN NYUNTIK DOANK TA,PA CMAN MASANG INFUS DOANK APA BEDA NYA AKPER SMA ABIT MANK DUNIA KESEHATAN ITU MELIPUTI APA AJA YAAAAAAAAAAAAAAAAAA MOHON DI JAWAB

  17. klo msuk akper tapi dari jurusan IPS bisa ngak ? Truz syaratnya pa ja? klo misalnya ujian tes nya masuk tapi ada salah satu syarat yang tdak terpenuhi gmna? ( misalnya tinggi bdan nya kurang dikit….)

  18. mecom,
    aku pengen banget masuk akper,tapi aku punya masalah dgn gigi?
    katanya klu masuk akper itu gigi nya gak ada yang rusak.
    apakah itu berpengaruh atau gak untuk masuk akper?
    apakah skul dari SMK bisa masuk akper?

  19. sebenar nya ku itu snang bisa blajar tentang kesehatan.tapi’ kbanyakan itu smua brawal dari yang kotor. yang jelas aja tentang pngetian program pemerintah akan penyakit yang menular,sperti HIV/AID.apakah masih dpat di hentikan untuk negara ini.jujur aja dari pngalaman yang ku dapatkan,itu smw hanya omong kosong…………….
    karna sex’ bebas masi mempengaruhi smua kuam muda/i di semua kalangan.baik itu anak asrama keperawatan ataw kebidanan.
    coba saring lbih ktat kelonggaran itu,karna itu lah yang membuat kesehatan di indonesia ini tidak pernah berkembang.jdi ku ucapkan aj, ku nyesal dengan smua asrama ygang tidak disiplin total……….

  20. Ju2r aj saya pngen sekali msuk akbid tp dlux say pernh brhub dgn cwok saya.Yg ingn say taxkn apa bs say msuk akbid.Please d jwb ya

  21. Apa ja cie yg hrz d prziapn klo mw mcuk perwat…zo aq pngen bgt jd prwat,,mka dri tuch dh aq prziapn,,mumpng aq mch klz 1 SMA,blez yuawWw..mksh sblm’a

  22. mekom,,,
    ap bnr bg yg gx virgin gx blh msk akper….
    msh gx ad ksmptn bg yg gx virgin lg gx blh msk akper sih,,
    tlng d bls ya??????

  23. siang,
    saya bru maw lu2s sma nich.saya pngen bngt msuk akper.tp,saya bingung ,krn sya jurusan ips.
    bknny klu akper itu hrs dr ipa & pntar biologi ia?
    tlng bntuanny ia?klu bs tlng jlsn prsyratanny. .
    maksh.

  24. salemm,,
    saya sependapat yg di atas
    sya baru sja selesai un,,
    trus pengen masuk akper nanti kalaw lulus
    AMIN, tpi saya jurusan ips,,padahal yg di terima di akper jurusan ipa yg pintar biologi
    dan 1 lagi persyaratan yaitu ting2i berat badan
    padahal Z tingginya di bawa 150 cm,,,gimana nhi???
    mohon bantuanx,,,,,,,

  25. Qu mau tya’ qu ingin masuk akbid tp qu pnya masalah. Gigi qu ad yg bolong, kira2 qu bisa ga’ ya masuk akbid.
    Tlg jawab ya..

  26. apakah benar kalau mau msuk perawat kita harus benar-benar perawan….??????
    di tunggu jawabannya

  27. saya pengen banget msuk akper itu emang cita cita saya dri SD tpi saya mempunyai masalah pada gigi gmana donk??masih bisa ga masuk akper??klo tinggi uda sip tpi hanya gigi doang yg bermasalah…:'( plizz bales ya mbak,mas,bu,pa….

  28. apakah perawat tdk boleh minus atau menggunakan kacamata?

    tidak ada aturan penggunaan kaca mata utk perawat

  29. Askum. . . . .
    Cita _ cita q ,ing!n bngt jd akper,
    katanya lw jd akper hrus tinggi ea? N giginya jg gx blh rusak. . .msk cma gr” ito gx bza sich. . . Tlng jwb ea. . ? ?

  30. Ciang. . .
    Q mau tnyk nech. . . .
    Jd akper. .
    Ap aj sich tes nya jwb d0ng? ? ? ? ?
    Pliz z z
    pentng nech. H. H. H.

  31. kalau boleh tau dimana ya letak kampus yg di maksut doi atas “cuma tinggi badan yang jadi persyaratan” ….makasih

  32. saya denger dari temen saya, katanya untuk masuk keperawatan ada tes kesehatan, gimana kalau ada yang punya penyakit magh atau darah rendah ??

  33. hemmm…..
    i want to be a nurse,,
    tp aku jurusan ips nii,,,
    kira2 bisa kterima gak ya..

    trz tinggi ku cuma 153cm bisa gak tuh kterima??
    tp kuliah nya masih lama 2 tahun lagi,,,

  34. kalo tinggi lebih dari 150 bisa gag sedikit lebihnya gmna
    akper yang paket c buat ips gmna caranya bagi2 donk

  35. knapa byk pertanyaan diatas yg ga dijwb ?
    pdahal kita juga memang butuh jawaban2 itu.
    kalo mau masuk akper harus ada tes V, brarti banyak kemungkinan bagi peminat yg udah ga V susah n besar kemungkinan buat gbisa masuk ke akper dong ?
    skg klo di pikir, brpa persen lagi remaja di indonesia, di dunia yg masih murni V ?

  36. saya kan udah terlanjur masuk jurusan IPS terus masih bisa ga ya masuk akper……………………………….??

  37. saya mau tanya saya bercita cita sbg dokter trs stlh lulus smp ke jurusan ipa dulu atau ke akper kata orang ch biar gmn gitulo gmn ch crnya

  38. aku pngen bnged jdi prawat
    tp ku tkut nnti
    kkurngan biaya…..
    mka’a pumpung msih klas 1 smk kshatan
    jd aku pngen nanya
    msuk prawat tue kra” biaya’a hbis brapa yaaaaaaaaa???????
    MOHON DI BALES YA………….

  39. hey,test msuk akper di unej,
    syaratx hrus virgin gak……
    trs syaratx pa’an aja
    lz……….. d fbk
    u

  40. apakah masuk akper harus lulusan sma
    apakah bisa lulusan smp ?????????????????????????????????????? tlong d lezzzz.

  41. assalamualaikum,,
    saya mau tanya riwayat pendidikan saya smk akuntansi kuliahnya sekretaris tetapi saya sekarang ingin kuliah lagi di akper,apakah bisa??sedangkan saya tidak pernh dapat ipa,apakah tesnya sulit???saya berasal dari malang.saya ingin sekali masuk akper,lantas bagaimana apa ada peluang untuk bisa lolos???

    terima kasih.

  42. sedangkan untuk tes ipa nya itu meliputi kimia biologi dan fisika itu materinya apa saja????apakah ada contoh2 soal tesnya??????

  43. Aq mw tnya . . Pa sja sich syarat/ktentuan msuk sbg Akper ?, cz, aq pngen jd Akper, n pa ska dka slama mnjdi seorang Akper ? . . Ltar pndi2kn untuk msuk Akper tu pa sja ? . . Ea sdh, tu sja yg pngen aq smpaikn, trma ksh . . .

  44. Q nie mau dftar….
    tp kira2 tesnya gmn y ???
    sulit p ndak ???

    prsyaratanya ap saja ??

    tpi nie Q sklah di SMK, jurusan MULTIMEDIA …
    gmn ya ??

  45. apakah mesti perawan ??? masalahnya aq udah ngak perawan nich tp aku pengen banget jd perawat… bls aja lewat sms ok nhe noq 085399415552

  46. kak saya mau tanya….kalau mau menjadi perwat ntu keadaan gi2nya juga menjadi syarat utama ga’…
    pleace blz kak…

  47. Yang Bertanya tentang Keperawanan : Tidak ada petunjuk teknis dari pusdiknakes tentang syarat harus perawan. Di tempat saya bekerja : tidak dilakukan test keperawanan, tetapi untuk menjaga norma / nilai yang masih berlaku di masyarakat, dilakukan test kehamilan pada saat test/ujian masuk. Selain itu dilakukan test kehamilan sewaktu2, tanpa pemberitahuan.

    kalau masalah gigi yang tak rata: tidak ada syarat harus rata giginya.

  48. apa kalo masuk perawat itu uji nyali nya harus ke ruang mayat??????
    tolong beri jawaban nya ..

  49. Kalau ada tindikan d itelinga sama ga perawan gimana ?
    Masih bisa masuk akper .
    Tolong jawab iya , soal nya penting banget

  50. kayaknya secara medis test keperawanan tidak mungkin dilakukan hanya dengan melihat robek atau tidak selaput dara bisa lihat di http://www.klikdokter.com/tanyadokter/read/2010/06/14/9601/tes-keperawanan
    terus banyak kok yg masuk akper tapi tidak perawan (ada akper untuk kelas khusus yang kebanyakan udah punya anak)
    yang saya tahu test yang dilakukan untuk masuk akper tidak ada test dengan melihat selaput dara. biasanya hanya dengan menggunakan alat test kehamilan saja.
    nah kalo test kehamilan positif ya jelas gak perawan kan?

  51. emang brpha biaya.na masuk akper ???
    coz adeg aqhuw msuk perawat skitar 12juta,, uz lulusan smk aph bs masuk …

  52. emang brpha biaya.na masuk akper ???
    coz adeg aqhuw msuk perawat skitar 12juta,, uz lulusan smk aph bs masuk …??

  53. Contoh dan atau materi soal test masuk Calon Mahasiswi Baru di PHI itu di mana bisa kita dapatkan, terima kasih atas penjelasan dan bantuan agan ?

  54. Hmm,, Kalo saya masuk di Akper dan ngmbil smpe S1..
    Kira-kira keterima gak yah di General Hospital Singapore?
    Soalnya saya pengen bgt masuk RS itu…

  55. hmmmd ,,
    klo hbis smp msuk k akper bsa gg cc ???????????
    tlong d lzzz iiagh !!!!!!!!!!!!!!
    coz pnting bgt ……………….,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  56. saya ingin sekali msuk jurusan AKPER ,
    tp klo misal’a dri SMP bisa lngsung msuk jurusan AKPER pha gk ?
    tlong d’bllez yha ,
    please !!!!!!!!!!!!
    mkasih , asallamuallaikum wr.wb

  57. kalo dari jurusan ips,, kira” bisa tidak,,??
    terus apa syarat nya,,,cos saya pengen masukk akper ,,,
    tolong dii balss,,

  58. assalamualaikum..demgan sngat mho di jwb yach…………………..
    aku pngen bnget masuk kesehatan .itu adalah cita2 saya dari kecil.tapi ada satu faktor ..yaitu faktor fisik “tinggi badan ku kurang “apakah tidak ada toleransi untuk tnggi badan..dan knpa persyaratan tinggi bdan harus ada dlm kesehtan…..tlng di jwb y

  59. aq mw tanya nih…
    aq nih mau masuk akper,tapi aq punya masalah dgn gigi.
    emangnya kalo mau masuk akper itu ada gak peraturan tentang gigi?
    jawab ya!…

  60. saya mau tanya ne, apa-apa saja yang d tes jika ingin masuk akper selain tes tertulis ?
    dan apakah pada tahun 2012 nanti akper masih bisa masuk walaupun dari jurusan ips ?
    tLong di jawabb ya ?
    makasi banyak

  61. aku pengen banget msuk akper……
    tpie aku jurusan jaringan gak pernah bljar IPA,,,,,bsa gak ea????
    truzzz tes ny toe pha ja ea???

  62. Berapakah biaya yang harus di bayar ?

    Saya ingin sekali menjadi seorang perawat. . .
    Saya b’doa semoga pada sa’t saya ingn msuk nanti biaya untk msuk Akper gk t’lalu mahal. .

  63. Tinggi badan saya 156 cm..
    Tp telinga saya agak tuli yg sbelah kanan..
    Saya lulusan SMK..
    Saya masih bisa masuk akper gak nih ??

  64. Saya pengen banget masuk akper neh tapi..saya seorang siswa SMK teknik..tinggi badan saya hanya 156cm.. Tp telinga kanan saya pernah sakit dulu ,sekarang telinga kanan saya juga agak kurang pendengaranya..
    Saya masih bisa masuk akper gak ya..?? Tolong blz y please

  65. dari kecil aq pengen mau jadi seorang perawat
    mudahan saja di ajaran tahun ini aq bisa masuk
    meskipun agak agak jijik siih

  66. sebener nya aku pengen jadi dokter, tetapi aku takut sama yang nama nya darah dan di sntik. pengen banget jadi dokter

  67. pak aku boleh tanya yahhh
    klo masuk perawat
    ujian tes’a, klo kurang bisa gmna, apa masih diterima?
    masalahnya, klo soal2 seperti mtk, bhs inggris aku kuarang mengerti…
    tapi aku lebih ngerti diperaktekan dibanding dikasih soal2….
    jawab ya pak, aku butuh jawaban dari bpk, masalhnya aku tahun ini mau masuk keperawatan….

  68. Test kesehatanya meliputi gigi juga gk sih , kalau yg giginya kuning gimana. sementara dia dari segi materi cukup tapi masalahnya itu , gimana tahh????

  69. klo situ masih perawan, ngapain repot g usah dicemasin and setau saya yg di test keperawanan itu cuma di akbid, akpernya g kok and biasanya klo stikes swasta sma atau smk dan semua jurusan g masalah kok :)

  70. hayy ,,, saya mau tanya ,, klw tes keperawanan ada gg ???
    tapi cwe itu masih gadiss ,,
    trus saya tingginya kurang bgt ,,
    tolong di JAWAB

  71. hayy ,,,
    klw keperawanan di tes gg ???
    tapi masa iya sihh di tes perawan ???
    itukan cuman akbid ,,
    klw mau cepat tinggi badannya biar masuk perwatnya cepet smna ???
    saya dulunya bekas pake kacamata ,,??? masihh tetap masuk kann :::?????
    TOLONG JAWAB !!!!!
    PENTING !!

  72. aku pengen jd suster , tapi aku malah masuk STM jurusan komputer lagi , gak nyambung kan ? gmna donk ?

  73. ya mudah- mudahan aja tidak dilakukan test perawan, karna ksihan bgt bagi cewek yg dah gak perawan……….nnt gmana nasib na seterusnya????????????? ya cukup dilakukan tes kehamilan aja dech………tunggu aku, ya………….

  74. soal IPA yang buat tes itu seperti ap ya?
    soalnya saya dari jurusan IPS,,belum faham betul tentang soal-soal IPA
    mohon bantuannya

  75. Bolehkah mata minus dan berkacamata masuk ke akper ? Minus maksimal yg bisa diterima berapa ?

  76. heeeemmmmm pengen bangetb masuk akper,,,,, tapi gimana????????
    tinggi saya kurang””’
    heheheheheehehe….

  77. . q d sruh mama cmo papa q msuk akper
    tinggi q 151

    q takut gak bisa pdhal nie demi ortu q,q msuk d akper n q jga mw msuk akper
    v dhatiq adh kraguan gk mmpu

  78. tolong donk d jwab pertanyaan nya klo sudah tidak perawan apakah masih bisa menjadi perawat s1 krn sya prnh ml 1x bgmna sya mao mndftr tlg ksih tau scptnya

  79. apa mungkin saya bisa masuk perkuliahan akper dari jurusan ips dan setelah aliah menunda selama empat tahun.

  80. min aku mau tanya,
    aku mau masuk akper tahun ini (insyaALLAH), tpi telinga sebelah kanan ku bermasalah, apa bisa diterima ?

  81. rini pengen banget menjadi perawat masalahnya bagaimana kalau nilai mtk ma ipa rendah apakah bisa menjadi perawat ?

  82. tinggi badan ga mslh ,, kesehatan mata,telinga,gigi dan semuanya jg alhmdllh ga mslh , q masih perawan pula ,mental inshaallah siap,, mslh biaya jg alhmdllh ga mslh ,,, cuma mslh ny q llusan SMK bsa ga sich q msuk akbid ?????…. jwb plz

  83. kalo wanita sudah pernah melakukan hubungan seksual apakah di terima jadi perawat ?
    Mhon jawbanya scpatnya

  84. Apakah memang di haruskan menjadi seorang perawat haruslah perawan,dan sya ingin tau apakah itu tes keprawanan ataukah tes kehamilan. .sya mohon jwban dari anda. . Tolong d blas sya mohon sekali. . blasan dari anda

  85. Sy ign skli msuk prwat coz
    cta”q dr kcil it,tp?qu dr ips,
    n ktax bsa ips msuk prwat,atw bdan asl ad sgokan gtc,?Eh ap org tdk prwan,bsa msuk prawat,atw
    bidan..??

  86. Soalnya ttg aja sih,,,berarti kalo tes’nya gx bsa gx bsa sekolah perawat donk,harus bsa bhs.inggris p gx?,,denger” biaya masuk’nya 10 juta y?,,,,,tinggi badan q kan 169 cm berarti bsa masuk dong?,,,,,,,,,
    tolong di bales y soalnya penting banget kalo bisa sms q,,nick no.q 089657960269
    makasih

  87. Bismillahirrahmanirrahim. “kagumka sambil tersenyum, mendengar bahwa SENYUM itu IBADAH . ” ini peluang emas untuk kita semu, karena hanya dengan tersenyum maka kita telam mengerjakan suatu IBADAH . ” tersenyumlah untuk saudaramu…DDD…

  88. pak apakah benar setiap orang yang mau masuk perawatan harus di tes keperawanan,,kalau tidak perawan lagi,apakah bisa masuk akper

  89. dari kecil saya ud pengen msuk perawat … Cuman pak/buk perwat, modal dan ekonomi tu, say tertunda,,, bagai mna cara solusi saya pengen masuk peraawat.

  90. asalamualaikum. .
    aku sekarang lg belajar diSMK KESEHATAN BINA PRESTASI TANGERANG , aku setuju kalo peraturan pusdiknades yang berisikan bhwa semua clon perawat untk wanita dwajjibkan memiliki tinggi 150 cm harus dihapuskan karna it mnglangkan prestasi org pendek yang berhubungan dgn keperwatan .
    jujur smua mata pelajaran keperawatan aku rata2 diatas 90 tapi tinggi aku cuma 146cm dan aku ingn sekali masuk Akper tp bgaimana dgn persyaratan TB yg tidak memenuhi ?
    Tolong pak hapuskan saja peraturan ini krna memang merugikan untk org pendek yg cerdas .
    tolog bls ya pak :)

  91. sya ingin skali masuk k pakultas kperawatan nii.
    tapii sya tkut uju tulis nya tidak bisa mngerjakan,,
    gmna…mhon blzan nya..

  92. sya ingin msuk ke fakultas kedokteran ini,, tpi sya tkut uji tlisnya gagal dan tdak bsa mngerjakannya,,, sya jga tkuut nnti nggak bsa msuk ipa … pdhal sya sdah mmpelajari biologi,, untuk nnti msuk ke fakultas ini…. gimanaa yaaa…???

  93. hduuh sya nggak PD krena sya krang tnggi,,, tkutnya nnti nggak bsa msuk,,, eemz gmna dngan pnyakit yaa,,,? hbis klau hbis lari-lari untuk menambah tnggi bdan saja saya sudah ngos-ngosan nggak kuat,,,,, sesek lgi….

  94. humbh,,
    assalamualaikum wr.wb
    bapak ibu,, sya mau bertanya pada bpak ibu semua,,
    saya kan siswi dr MAN dan jurusan saya IPS,,
    nmun sya sgt ingin sekli bergelut d dunia keperawatan,,
    nh yng jadi keganjalan saya saat ini adalah,, orang tua saya masih khawatir terahdap shift malam,soalnya sayakan ank perempuan 1 1nya,,,
    trima kasih sebelumnya pada jawaban bpak dan ibu,,,

  95. bagaimana apabila di suatu poltekes yang ingin semua siswanya perawan padahal ada diantaranya satu yang sudah tidak perawan tapi dia punya potensi jauh lebih baik, apa kita akan membuangnya dengan sia-sia hanya karena dia tidak perawan. bagi saya jenjang pendidikan setelah sma itu lumrah ada yang perawan atau tidaknya. ya pikir aja mau pilih mana ?
    * perawan tapi tak punya kualitas otak atau
    tidak perawan punya otak berkualitas ?

  96. selamat malam .
    saya hanya ingin bertanya apakah orang yang berjerawat ataupun yang mempunyai bekas jerawat masih bisa masuk ke perawat atau bidan ?
    terimakasih , mohon di balas ..

  97. assalamualaikum
    bpk atau ibu saya mau tanya dong
    saya rencana pengen masuk akper ,kalau untuk malasah jam kuliah nya ada kelas karyawan gak ???.
    untuk tahun sekarang pembukaan pendaftaranya mulai kapan .
    mohon di balas nya .

  98. . aku kemarin daftar di akper, tp tinggi badan saya kurang .. :(
    . saya takut kalo ngga ktrima, pdhal saya pengen bg jd perawat :(
    . tolong bales ya gimana solusi,nya .. terima kasih

  99. kepengen banget jadi bidan, syaratnya apa aja…?? aku sekarang masih kelas 1 sma, tapi cita cita saya abis kuliah perawat nerusin kle akbid. minta solusinya, dari sekarang pelajaran apa aja yg harus aku pelajarin biar aku bisa pas waktu tes nanti,,,?
    #makasih

  100. lulusan dari SMK jurusan Teknik Komputer & Jaringan bisa masuk AKPER/AKBID gag yaaa???? mohon segera balesannya….

  101. aku bercita2 menjadi perawat tetapi aku mempunyai berat badan 43kg dan tnggi bdan 163 cm sngt krus kan? mata ku minus, gigiku juga kurang rata? jd bisa ga ya aku masuk perawat

  102. Aku pengen bangat masuk AKPER, Tinggi badanku 165 trus gigiku jga gk ada yg brlubang (putih dan bersih) tapi muka aku jerawatnya banyak, gimana donk, tolong di bls ya,, :-)

  103. syarat nya apa aja sih untuk masuk jurusan akper ?

    Dan saya sma jurusan ips dan ga belajar ipa , apa bisa saya masuk tnpa nilai ipa ?

  104. Lok q kn mau ngambil jurusan multemediatpi lok dh bsar q tu pgen jdi perawat soal x spaya bsa bntu org

  105. Lok q kn mau ngambil jurusan multemediatpi lok dh bsar q tu pgen jdi perawat soal x spaya bsa bntu org

  106. kalo paket c untuk melanjutkan kuliah jurusan akper bagai mana?
    dan jika sudah menikah bagaimana?

  107. saya ingin menjadi bidan tapi saya bingung saya harus memilih sma atau smk dlu supaya bisa menjadi seorang bidan

  108. Saya ingin jadi perawat tapi katanya ada tes kesehatan, jadi saya kecewa karena saya tidak yakin dengan kesehatan saya. Apa benar ada tes kesehatan? Mohon info

  109. Kenpa harus dg tinggi badan ? Jika saya lulusan smk dijurusan administrasi perkantoran susah tidak masuk akper . Berarti hanya tinggi badan syarat utama ? Pendidikan DIII atau S1 ? Minimal #mohon dijawab makasih :)

  110. kak aq pengen banget kuliyah die jurusan akper.,
    tpy aq bngung tes”nye i2 apa saja.. ent aq scolh y pilh jurusan ips apkah i2 bisa kak tolong die jwb y kak.

  111. hehehe harusnya memang begitu gan..dan saya rasa opini yg ada dalam masyarakat bahwa bidan lebih tinggi prestisnya drpd perawt harus dihilangkan.. :

  112. perawat itu mempengaruhi nilai rapot..
    itu mata pelajaran apa,,,,?
    kalo misalnya saya bersekolah di Dr.RAMELAN itu..
    nilai apakah yang di lihatt,,,?

  113. Sebenarnya postur tubuh seharusnya tk terlalu di persoalkan,yg penting daya fikir si anak mampu di bidang itu,wong yg di butuhkan soal kemampuan kok,bukan faktor tubuh ya kalau masuk model tubuh harus tinggi,kasian kan kalau ada yg mampu di sia2 kan

  114. apa ajha sich syarat-syarat menjadi seorang perawat ????
    kalau sudah lulus SMA langsung mncalonkan sbgai seoarang perawat apkh bisa ???
    ujian ap yang harus di lewati ketika ingin mncalonkan sbgai seorng perwat?????
    tolong jawabannya secepatnya ya tak tunggu eyy….????
    trimakasihhh …….

  115. untuk kesehatan meliputi tes apa saja ??
    ujian apa ajh sich yg di lewati ketika mencalonkan jdi perawat ??
    kalau sya skolah stikes pas lulus apkh langsung kerja atau gmna ? trus disana belajar apaan ??

    tolong jawaban .x ey ini penting bngt bgi saya
    karna sya pgn jd akper .????????
    jawaban.x secepat.x ey ????

  116. Apa syarat untuk masuk keperawatan.
    Harus mempunyai gigi yg baguspula maksudx tdk berlubang atau sejenisx…?

  117. Kalo bisalnya IPS terus mau nerusin ke AKBID bisa ga ya ?
    kan kalo tes nya itu tentang IPA bukan ips ? sedang kan anak IPS belajar IPA hanya sebentar

  118. saya mau tanya, klw msuk prawat itu apkah hrus msih virgin ?, kalau udah gak.. gimna..? tapi dia itu cita-cita nya sjak kcil mau jadi perawat..?
    terus ada solusi gk, buat mslah yg kayak gitu..,?
    tolong di balaz yh kak atau mbak..!!??
    saya pengen tahu.. please…

  119. kak…. ada info beasiswa bagi mahasiswa akper gak ?
    saya butuh sekali,,,,,, sekarang saya masih semester 2 kaka…. saya ingin mendapat beasiswa untuk semster 2-6 dan S1 ….. trimss

  120. dosen sy blg, lmyn pntg ttg tnggi bdn, krn tgs prwt itu bukan cuma nyuntik, msang infus aja, perawat jga hrus kuat, hrus ngangkat pasien, otomatis tnggi bdn jg pnting , stidak.y kan kalo tinggi.y 150 u cewe bisa sdikit lbh kuat, masa perawat beke, ,
    jurusan ips jga bisa msuk akper, ASAL dia bisa menguasai materi anak ipa yg bkal di tes.kan , kya mtk, bio. kimia, dll,
    #bhasa inggris jg pnting loh buat anak akper, krna org luar negri itu sgt trtarik oleh perawat indonesia, krna trkenal dgn bersahaja, murah senyum, gesit dlm bkerja, ,
    Ayo berjuang utk mnjdi perawat, krna perawat pekerja.an yg mulia ! :-)

  121. saya saat ini masih duduk dikelas 1 SMA dijurusan IPS. tapi saya ingin melanjutkan
    kuliah dan bekerja sebagai perawat, apa saya bisa masuk ke univ keperawatan?
    . apa syrat masuk univ keperawatan? niat saya ingin masuk univ fatmawati :)
    Rep please

  122. Kalau misalnya tinggi badanx hanya mncapai 147 cm bsa tdk msuk akper… masalah gigi dan banyak penyakitx bisa tdk masuk akper dan apakah masuk akper itu harus perawan…?????????? tks.. tolong di bls.

  123. Ada teman saya pengen masuk akper tapi dia kesehatannya karna dia orangx penyakitan……. baru masalah gigix itu tdk rata dan tinggi badanx hanya 147 cm. bisa tdk………..

  124. saya pengen bget jdi perawat tp tinggi bdan saya gk nympe 150
    jdi pesimis,,,,,,,,,,,,
    oh ea mau tau dong tes psikotes tu gimana sih ?????

  125. kalau jurusan ke perawatan di Sekolah2/SMK, keperawanan juga di test ,..?
    tolong di jawab, butuh pencerahannya..

  126. Mau tanya, saya lulus tes tertulis, apakah jika saya tidak perawan tidak akan lulus di tes kesehatan.?

  127. mau tanya syarat apa saja yg harus diikuti dalam proses mendaftar di perawat dan sampai jurusan apa pendaftaran di anjurkan smp atau sma,smk..??? mtk jwbnya kak

  128. Saya memang minat pada kesehatan, dan orang tua saya sudah meridhoi saya untuk masuk akper..
    tapi, saya juga takut tidak mampu saat mengikuti tes mtk nya di Universitas negeri.. tolong bantu saya dong bagaimana dalam menghadapi tes nya dengan mudah?
    tolong ya di balas, terima kasih :)

  129. sya pernah ikut tes d4 bidna di poltekkes, udh lulus tes akademik eh krna tinggi badan yg kurang (tinggiku 148) dan gigiku banyak lubang jadinya ga masuk pas tes kesehatan. sedih banget :’)

  130. saya mau bantu ttg tes akademiknya, menurut saya tidak trllu sulit karna bertipe hampir sama dengan soal un tapi lebih mudah bukan seperti sbmptn. klo mempunyai tinggi badan yg memadai dan kondisi gigi bagus serta tdk buat warna inshaAllah masuk :’)

  131. saya ujian dan di terima di salah satu ptn keperawatan, tpi tes kesehatan belum dilakukan. saya tidak buta warna,dan saya tidak pakai kacamata, hnya mata sebelah kiri saya tidak melihat lagi. apakah saya akan dikeluarkan? syarat keperawatan kan tidak buta warna. saya tidak buta warna

  132. begini, saya kan sudah diterima. pendaftaran ulang nya bersamaan dengan pemberian surat pemeriksaan kesehatan. apa sistem gagal msh berlaku stelah tau keadaan saya??
    mohon balasan nya

Tinggalkan Balasan

